Tugas Matakuliah Perpustakaan Pengertian Istilah
Berikut ini beberapa pengertian istilah yang ada dalam matakuliah Perpustakaan:
1.
Planning
Perencanaan
adalah pemilihan atau penetapan tujuan
organisasi dan penentuan strategi, kebijaksanaan, proyek, program,
prosedur, metode, system, anggaran, dan standar yang dibutuhkan untuk mencapai
tujuan.
Perencanaan
tidak lain merupakan kegiatan untuk
menetapkan tujuan yang akan dicapai
beserta cara-cara untuk mencapai tujuan tersebut, sebgaimana telah disampaikan
oleh Louise E. Boone dan David L. Kurtz (1984).
Perencanaan
merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen Karena tanpa
perencanan, fungsi-fungsi lainnya tidak
dapat berjalan.
T. Hani Handoko (1995) mengemukakan planning
(perencanaan) adalah pemilihan atau penetapan tujuan organisasi dan penentuan strategi,
kebijaksanaan, proyek, program, prosedur, metode, system, anggaran, dan standar
yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.
Perencanaan
adalah penentuan serangkaian tindakan dan kegiatan untuk hasil yang diharapkan.
Perencanaan yaitu fungsi seorang manajer yang berhubungan dengan
pemilihan dari sekumpulan
kegiatan-kegiatan dan pemutusan tujuan-tujuan, kebijaksanaan-kebijaksanaan
serta program-program yang dilakukan.
2.
Organising
Sekumpulan orang atau kelompok
yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerjasama.
Organising (organisasi) yaitu berupa penyusunan wadah legal untuk
menampung berbagai kegiatan yang harus dilaksanakan pada suatu organisasi.
Fungsi pengorganisasian adalah proses yang menyangkut strategi dan taktik
yang telah dirumuskan dalam perencanaan
didesain dalam sebuah struktur
organisasi yang tepat dan tangguh, system dan lingkungan organisasi ynag
kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisai dapat bekerja
secara efektif dan efisian guna pencapaian organisasian.
Drs. Soekarno K. Organisasi sebagai
fungsi manajemen (organisasi dalam pengertian dinamis) adalah organisasi yang
memberikankemungkinan bagi manajemen dapat bergerak dalam batas-batastertentu.
Organisasi dalam arti dinamis berarti organisasi itu mengadakan.
Organising (organisasi) yaitu pengelompokan kegiatan untuk mencapai
tujuan, termasuk dalam hal ini penetapan susunan organisasi, tugas dan
fungsinya.
3.
Staffing
Staffing merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunn personalia pada suatu
organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja.
Staffing berhubungan dengan dengan penerapan orang-orang yang memangku
masing-masing jabatan yang ada dalam organissi tersebut.
Staffing
yaitu penyusunan personalia yang
sejak dri penarikan tenaga kerja baru.
Latihan dan pengembangan sampai dengan usaha agar setiap petugas member daya
guna maksimal pada organisasi.
4.
Directing
Directing (mengarahkan) adalah membimbing,
memberikan petunjuk, menghadapkan dan memaksudkan.
Directing adalah usaha dalam member
bimbingan saran-saran dan perintah dalam pelaksanaan tugas masing-masing
bawahan (delegasi wewenang) untuk dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Directing
adalah fungsi manajemen yang berhubungan
dengan usaha member bimbingan, saran, perintah-perintah, agar tugas dapat
dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju yang telah ditetapkan semula.
Bukan saja agar pegawai melaksanakan atau tidak melaksanakan suatu kegiatan
tetapi dapat pula berfungsi mengkoordinasi kegiatan berbagai unsure organisasi agar efektif tertuju kepada
realisasi tujuan yang ditetapkan sebelumnya.
5.
Coordinating
Koordinasi adalah mengimbangi dan
menggerakkan tim dengan memberikan lokasi kegiatan pekerjaan yang cocok kepada
masing-masing dan menjaga agar kegiatan itu dilaksanakan dengan keselarasan
yang semestinya di antara para anggota itu sendiri.
Koordinasi
adalah menyelaraskan tugas atau pekerjaan atau pekerjaan agar tidak
terjadi kekacauan dan saling melempar
tanggung jawab dengan jalan menghubungkan, menyau padukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan.
Koordinasi adalah suatu usaha kerja
sama antara badan, instansi, unit dalam pelaksanaan tugas-tugas tertentu,
sehingga terdapat saling mengisi, saling membantu dan saling melengkapi.
Syarat-syarat koordinasi :
1.
Sense of Cooperation, perasaan
untuk saling bekerja sama, dilihat per bagian.
- Rivalry, dalam perusahaan besar, sering diadakan persaingan antar bagian, agar saling berlomba untuk kemajuan.
3.
Team Spirit, satu sama lain per
bagian harus saling menghargai.
Koordinasi dibedakan atas :
1.
Koordinasi vertikal,
tindakan-tindakan atau kegiatan penyatuan, pengarahan yang dijalankan oleh
atasan terhadap kegiatan unit-unit, kesatuan kerja yang ada di bawah wewenang
dan tanggung jawabnya
2.
Koordinasi horisontal,
tindakan-tindakan atau kegiatan penyatuan, pengarahan yang dijalankan terhadap
kegiatan dalam tingkat organisasi yang setingkat.
6.
Reporting
Reporting
dalam manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau
pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan
fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi, baik secra lisan maupun tulisan
sehingga dalam menerima laporan dapat memperoleh gambaran tentang
pelaksanaan tugas orang yang member
laporan.
Reporting
(pelaporan) adalah penyampaian hasil kegiatan
baik secara tertulis mupun lisan.
Reporting (Pelaporan) adalah suatu
kegiatan yang dilakukan bawahan untuk menyampaikan hal-hal yang berhubungan dengan
hasil pekerjaan yang telah dilakukan selama satu periode tertentu. Pelaporan
dilakukan kepada atasan kepada siapa bawahan tersebut bertanggung jawab.
7.
Budgeting
Anggaran
merupakan rencana yang terorganisasi dengan menyeluruh, dinyartakan dalam unit
moneter untuk operasi dan sumber daya suatu perusahaan selama periode tertentu
di masa yang akan datang.
Budgeting
(anggaran) adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis, yang meliputi
seluruh kegiatan perusahaan yang
dinyatakan dalam unit (kesatuan) moneter dan berlaku untuk jangka waktu
(periode) tertentu yang akan datang.
Budget berfungsi sebagai alat untuk
mengordinasikan kerja agar semua bagian-bagian yang terdapat didalam perusahaan
dapat saling menunjang. Saling bekerja sama dengan baik untuk menuju ke sasaran
yang telah ditetapkan. Dengan demikian
kelancaran jalannya perusahaan akan lebih terjamin.
Anggaran merupakan suatu rencana
jangka pendek yang disusun berdasarkan rencana kegiatan jangka panjang yang
telah ditetapkan dalam proses penyusunan program. Dimana anggaran disusun oleh
manajemen untuk jangka waktu satu tahun, yang nantinya akan membawa perusahaan
kepada kondisi tertentu yang diinginkan dengan sumber daya yang ditentukan.
Menurut
Mulyadi (2001, p.488), anggaran merupakan suatu rencana kerja yang dinyatakan
secara kuantitatif yang diukur dalam satuan moneter standar dan satuan ukuran
yang lain yang mencakup jangka waktu satu tahun.
Menurut Supriyono (1990, p.15), penganggaran
merupakan perencanaan keuangan perusahaan yang dipakai sebagai dasar
pengendalian (pengawasan) keuangan perusahaan untuk periode yang akan datang.
0 komentar:
Posting Komentar
Ane harap agan bersedia meluangkan sedikit waktunya untuk sedikit memberi komentar. Karena komentar agan merupakan motivasi bagi ane. Dan juga tidak lupa ane haturkan banyak terima kasih atas kunjungan juragan.
Monggo berkomentar...