Diposting oleh tri wahyu apriyanto 0 komentar » Posted in

RPP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia - Mendengar - 1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan non berita)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran            : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester         : X/1
Pertemuan                   : 1
Tahun Pelajaran          : 2010/2011
Waktu                         : 4 X 45’


STANDAR KOMPETENSI            : Mendengar
1.Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung atau tidak langsung.
KOMPETENSI DASAR                 :1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)
A.  INDIKATOR     
1.      Kognitif
Menulis isi berita dari siaran radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami, menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.
2.      Afektif
Karakter: mandiri, tanggung jawab, ingin tahu
3.      Psikomotorik
Mengajukan pertanyaan/tanggapan informasi yang didengar dengan kalimat efektif.   

B. TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.    Kognitif
Peserta didik  mampu menulis isi berita dari siaran radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami,  peserta didik mampu menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.
2.    Afektif
Karakter :
Dalam proses KBM yang berpusat pada siswa dalam hal membuat kemajuan yang menunjukan karakter  jujur, cerdas, berpikir logis, kritis, dan ingin tahu..
3.      Psikomotorik
Peserta didik diberi media yang diperlukan berupa teks berita “Lintas 5, Jakarta. Pengamat teknologi dan pemerhati anak dan remaja”. Peserta didik diharapkan dapat  menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas..

C. MATERI PEMBELAJARAN
Berita yaitu keterangan atau informasi mengenai kejadian atau peristiwa yang aktual maupun non aktual.
Sikap kritis adalah kemampuan menanggapi atas segala sesuatu yang kita terima, termasuk siaran atau informasi dari media elektronik; baik yang berupa siaran berita maupun siaran non berita. Menanggapi atau menyampaikan tanggapan adalah menyambut ucapan, saran, kritik, komentar, dan sebagainya dari orang atau pihak lain.
Menanggapi siaran atau informasi dapat berupa, menanyakan kebenaran atau kejelasan siaran, menyetujui atau menguatkan isi siaran, dan menolak atau membantah isi siaran. Hal yang paling penting dalam menyampaikan tanggapan yaitu haruslah santun.
                     Berita memiliki enam unsur pokok yaitu 5W & 1H :
§ What / apa yang terjadi
§ Who / siapa pelaku
§ Where/ dimana terjadi
§ When / kapan peristiwa itu terjadi
§ Why / mengapa peristiwa itu bisa terjadi
§ How / bagaimana peristiwa itu berlangsung
             
D. MODEL PEMBELAJARAN     :  - diskusi kelompok
- tanya jawab
- penugasan

E. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.      Kegiatan Awal : (10 Menit)
-   Guru mengucapkan salam
-   Guru mengecek daftar hadir siswa
-   Peserta didik mengungkapkan pengetahuannya tentang  berita
2.      Kegiatan inti (70 Menit)
1.    Guru menjelaskankan materi tentang berita
2.    Siswa membentuk kelompok
3.    Salah satu siswa membacakan teks berita di depan
4.    Secara berkelompok siswa menentukan pokok-pokok isi berita
5.      Melalui perwakilan, siswa membacakan hasil diskusi kelompok
6.      Siswa menyampaikan tanggapan dari kelompok yang maju
3.      Kegiatan akhir (10 Menit)
Guru dan siswa merefleksikan atau menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini dan menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa dalam menanggapi isi berita.

F. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN  :
       Sumber: - Tim Edukatif. 2007. Kompeten Berbahasa Indonesia untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga.
        
       Alat/ bahan: teks berita “Lintas 5, Jakarta. Pengamat teknologi dan pemerhati anak dan remaja”.
 
G. PENILAIAN
1. Penilaian Kelompok
No
Indikator
Soal
Kunci
Ranah
Skor
1
Menulis isi berita dari siaran radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.



1. jelaskan unsur-unsur 5W+1H !
-      What / apa yang terjadi
-      Who / siapa pelaku
-      Where/ dimana terjadi
-      When / kapan peristiwa itu terjadi
-      Why / mengapa peristiwa itu dapat terjadi
-      How / bagaimana peristiwa itu berlangsung

C3
40
2
menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.

2.      Tentukan unsur 5W+1H yang terdapat dalam berita “Lintas 5, Jakarta. Pengamat teknologi dan pemerhati anak dan remaja”
1. What : Kasus pembuatan video  porno
2. Who : Pelajar SMP maupun SMA
3. Where : di Cianjur, Jawa Barat
4. When : : terjadi pada tanggal 3 November 2005, 3 September 2007, 18 Mei 2008, dan Mei 2007
5. Why : disebabkan karena faktor faktor pergaulan, lingkungan, dan mudahnya akses video porno melalui teknologi internet tanpa batas
6. How : Selama tiga tahun terakhir, sudah banyak kasus pembuatan video porno yang dilakukan pelajar. Beberapa diantaranya adalah pada 3 November 2005, di Cianjur, Jawa Barat. Sebuah VCD porno berdurasi sepuluh menit yang melibatkan sebelas siswa SMU Negeri ternama di Kabupaten Cianjur itu, telah beredar di masyarakat Jambi. Pada 3 September 2007 beredar video porno mesum dua pelajar SMA, 18 Mei 2008 di Magetan juga beredar foto mesum yang melibatkan pelajar SMA, dan Mei 2007 juga ditemukan tiga siswa SMA di Wonogiri membuat rekaman adegan mesum di ponselnya.

C3
60

 2. Teknik                                : Tugas Kelompok
 3. Bentuk Instrument             : - Tes uraian
                                                  - Unjuk Kerja
 4. Soal Instrumen                   :
1.   Buatlah sebuah kliping berita dari koran/majalah!
2.   Tentukan pokok-pokok isi berita dan tentukan 5W+1H !


5.Penilaian
1.  Prosedur Penilaian : Penilaian Proses belajar efektif dilakukan selama KBM
2.  Penilaian hasil belajar, dilakukan dengan penduan kriteria penilaian dan rubrik penialaian.

6.      Rubrik Penilaian
NO
Rubrik Penilaian
Skor
Bobot
1.
Menentukan pokok-pokok isi berita
a.      Tepat
b.     Kurang Tepat
c.      Tidak Tepat

5
4
3


30
2.
Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas
a. Tepat
b. Kurang Tepat
c. Tidak Tepat

5
4
3


35
3.
Menanggapi isi berita
a. Tepat
b. Kurang Tepat
c. Tidak Tepat

5
4
3


35



Keterangan :
a. Tabel penilaian        : 86-100, Baik
b. Kriteria penilaian     : 75-85, Cukup
c. Jika nilai yang dicapai < 75, perlu remidi.
N =  Skor Penilaian  X  Bobot
  Skor Maksimal   



Mengetahui,
Guru Pamong
Kertosono, 16 September 2011
Mahasiswa Praktikan
ENDANG AGUSTINI RAHAYU, S.Pd
NIP 19590822 198403 2 006
    TRI WAHYU APRIYANTO
NIM: 086239










1. Jika ingin download file doc (Ms. Word)nya, silahkan klik link download ini.
2. Jika ingin download file Ms. Power Point-nya untuk presentasi kelas, silahkan klik link download ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Ane harap agan bersedia meluangkan sedikit waktunya untuk sedikit memberi komentar. Karena komentar agan merupakan motivasi bagi ane. Dan juga tidak lupa ane haturkan banyak terima kasih atas kunjungan juragan.
Monggo berkomentar...

Supplier Alat Peraga Pendidikan, Laboratorium Pendidikan, Buku dan Barang Cetakan