Diposkan oleh Tri Wahyu Apriyanto 0 komentar » Posted in

Sosiolinguistik kajian bahasa dan Ilmu-ilmu Lain

Sosiolinguistik dan Ilmu-ilmu Lain.

Sosio adalah masyarakat, dan linguistik adalah kajian bahasa, jadi Sosiolinguistik adalah kajian tentang bahasa yang dikaitkan dengan kondisi kemasyarakatan (dipelajari oleh ilmu-ilmu social khususnya sosiologi). Sosiolinguistik disebut juga liguistik institusional(Halliday, 1970) atau sosiolog bahasa (Fishman, 1972). Terdapat beberapa batasan  tentang Sosiolinguistik, yaitu berbagai batasan, Sosiolinguistik dengan Ilmu Sosiologi, Sosiolinguistikk dengan Ilmu Linguistik Umum, Sosiolinguistik dengan Ilmu Dialektika.
Dari pemahaman sebelumnya, Sosiolinguistik mempunyai keterkaitan dengan pertautan bahasa dengan orang-orang yang memakai bahasa/lingkungan masyarakat di suatu tempat baik dari berbagai batasan bahasa/linguistik, dengan Ilmu sosiologi, dengan Linguistik Umum, dengan Dialektika di dalamm kehidupan suatu masyarakat dan mempunyai tujuan sebagai suatu kesepakatan/kaidah penggunaan bahasa yang disepakati masyarakat dengan berbagai kebudayaan dalam masyarakat. Dari berbagai Ilmu-ilmu Sosiolinguistik mempunyai karakteristik sendiri-sendiri, seperti pada Ilmu Sosiologi yang mempelajari tentang Struktur sosial, organisasi kemasyarakatan, hubungan antaranggota masyarakat dan tingkah laku masyarakat. Pada Linguistik Umum mempelajari struktur bahasa yang meliputi tentang struktur bunyi, struktur morfologi, struktur kalimat dan struktur wacana (discourse). Sedangkan pada Dialektika tentang berbagai dialek/pengucapan bahasa dalam suatu bahasa yang ada dalam masyarakat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Ane harap agan bersedia meluangkan sedikit waktunya untuk sedikit memberi komentar. Karena komentar agan merupakan motivasi bagi ane. Dan juga tidak lupa ane haturkan banyak terima kasih atas kunjungan juragan.
Monggo berkomentar...